Denpasar, Beritasatu.com – Pandemi covid-19 memengaruhi semua sendi kehidupan dan mendorong munculnya sinyal perubahan. Salah satunya, persentase aktivitas belanja online yang terus meningkat didorong adanya shifting atau pergeseran perilaku masyarakat.
Executive Director Choose Order Pay (Choop) Nurkholis mengatakan, aktivitas belanja online sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Kondisi yang sama terjadi dalam hal penggunaan WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan terpopuler di kalangan pemilik smartphone di Indonesia.
“Kedua platform tersebut dikolaborasikan oleh Choop untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi berbagai keperluan dengan mudah, tanpa harus mengunduh aplikasi atau login ke platform marketplace. Semua dapat diselesaikan melalui Choop,” ujar Nurkholis saat soft launching Choop, di Denpasar, Bali, Minggu (30/1/2022).
Menurut Nurkholis, Choop adalah Automotion WhatsApp Catalogue Commerce yakni dengan menggunakan WhatsApp tanpa harus mengakses website atau mengunduh aplikasi. Kehadiran Choop diharapkan dapat membantu seluruh lapisan pelaku usaha, baik besar maupun kecil. Alasan itu pula yang mendorong pihaknya memilih Bali sebagai lokasi pertama peluncuran Choop di Indonesia.
“Kami memilih Bali sebagai lokasi soft launching Choop dengan harapan dapat ikut serta membangkitkan kembali sektor pariwisata pulau dewata yang terpuruk imbas pandemi covid-19,” imbuhnya.
Saat ini, kata Nurkholis, 72% pelaku usaha yang ada di Bali menggunakan transaksi nontunai. Kondisi itu menyebabkan trafik penggunaan nontunai di Bali merupakan peringkat kelima terbesar di Indonesia.
“Hal itu seirama dengan inovasi yang kita berikan dari Choop, yang mengedepankan transaksi nontunai dengan QR. Saat ini, lebih 100 merchant sudah bergabung dengan Choop. Adapun mayoritas merchant yang sudah bergabung adalah para pelaku usaha kuliner,” tambahnya.
Nurkholis menambahkan, Choop diharapkan dapat meningkatkan penjualan dengan memperluas jangkauan usaha ke pengguna aplikasi WhatsApp.
Pasalnya, Choop tidak hanya melayani food and beverage, tetapi bisa melayani payment point online banking mulai dari isi pulsa, token, pembayaran tagihan telepon dan PDAM, listrik serta bekerja sama untuk tiket pesawat dan hotel.
“Caranya sangat mudah. Pilih, pesan dan bayar dengan mudah. Melayani antar ke rumah pelanggan langsung, pesan di tempat, delivery, pick up, bayar apa saja bisa lebih mudah. Pengguna tinggal mengunjungi laman resmi kami untuk melihat fitur-fitur apa saja yang dapat dilakukan oleh Choop,” pungkasnya.
Sumber : Beritasatu.com
Add a Comment